subscribe: Posts | Comments

Membuat Blog

Membuat blog atau website adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan secara online. Jika anda cukup sering menjelajahi dunia maya, anda pasti sudah pernah membaca cerita atau artikel tentang orang-orang yang berhasil mendapatkan banyak uang dari website yang mereka buat. Tapi tentunya, semua itu tidak mudah, dan juga membutuhkan proses serta kerja keras. Bahkan, menurut pengalaman pribadi saya, banyak orang yang mencoba untuk membuat blog atau website, tapi kemudian menyerah karena berbagai hal. Tantangannya bukan pada pembuatan blog/website itu sendiri. Membuat blog/website sangat mudah, dan banyak tersedia tutorialnya. Yang menjadi tantangan sesungguhnya adalah bagaimana supaya blog tersebut mendapatkan banyak pengunjung. Tanpa pengunjung, sebuah blog hampir tidak mungkin menghasilkan uang.

Ada beberapa sumber pengunjung yang baik untuk blog/website. Pada umumnya, orang-orang mengandalkan Google, yang merupakan mesin pencari dengan pengguna terbanyak. Tapi, ada juga orang-orang yang lebih suka mengandalkan social media untuk mengalirkan pengunjung ke situs mereka. Karena saya lebih familiar dengan cara yang pertama (mengandalkan Google), cara itu lah yang nantinya akan lebih banyak saya bahas di blog ini.

“Dapat uangnya dari mana?” Itu lah pertanyaan yang sering muncul di benak orang-orang yang masih awan dengan hal ini. Pada dasarnya, para pemilik blog/website dapat dibagi menjadi 2 kategori. Kategori Pertama adalah mereka yang mendapatkan uang dengan menjadi publisher atau mengikuti program afiliasi tertentu. Dan Kategori Kedua adalah mereka yang memang membuat blog/website untuk digunakan sebagai toko online tempat menjual barang dagangan mereka. Prinsip dasarnya sangat sederhana. Untuk Kategori Pertama, mereka membuat sebuah situs, dan setelah situs tersebut ramai, mereka pasangi iklan dari network seperti Google Adsense ataupun yang lainnya. Setiap ada pengunjung yang meng-klik iklan yang terpasang, mereka akan mendapatkan sejumlah uang, yang nantinya oleh Google Adsense akan dibayarkan setelah mencapai jumlah minimum. Untuk yang mengikuti program afiliasi prinsipnya hampir sama, hanya saja mereka mendapatkan komisi bukan dari klik iklan, melainkan dari pembelian. Untuk Kategori Kedua, saya rasa tidak perlu dijelaskan lagi, dan saya memang tidak membahas pembuatan toko online di blog ini karena saya bukan praktisi di bidang tersebut.

Karena begitu banyaknya hal yang penting untuk dibahas mengenai mencari uang dengan blog, materi yang ada saya bagi menjadi beberapa bagian berikut ini:

  1. Membuat Blog Gratisan
  2. Membuat Blog Dengan Domain Sendiri
  3. Cara Mendapatkan Uang Dari Blog : Menjadi Publisher Adsense
  4. Cara Mendapatkan Uang Dari Blog : Menjual Space Iklan Sendiri
  5. Cara Mendapatkan Uang Dari Blog : Menjual Link

 

Berikut ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai mendapatkan uang secara online dari blog/website:

 

Q : Berapa modal yang saya butuhkan?

A : Itu tergantung dari banyak hal. Kalau anda mau gratis, bisa saja gratis, dengan menggunakan blog gratisan seperti WordPress.com atau Blogger. Kalau anda mau menggunakan domain dan hosting sendiri, biaya untuk domain dan hosting sekitar Rp. 200.000 per tahun.

 

Q : Berapa potensi penghasilan dari sebuah blog?

A : Tergantung topik apa yang dibahas oleh blog anda, dan ramai atau tidaknya website anda. Bahasa juga menentukan jumlah penghasilan. Jika dipasangi Google Adsense, blog berbahasa Inggris hasilnya pasti lebih banyak dari blog berbahasa Indonesia. Sebagai gambaran, blog berbahasa Inggris dengan pengunjung sekitar 300 orang saja per hari sudah bisa mendapatkan lebih dari $100 per bulan. Sedangkan untuk blog berbahasa Indonesia, rata-rata untuk menghasilkan $100 per bulan membutuhkan pengunjung setidaknya 3000 orang per hari. Tapi persaingan untuk mendapatkan pengunjung juga sebanding. Mendapatkan pengunjung untuk blog Indonesia relatif mudah. Sedangkan mendapatkan pengunjung untuk blog English jauh lebih susah karena persaingan yang berat.