subscribe: Posts | Comments

Menjadi Penulis Artikel

Menjadi penulis artikel adalah salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan uang online. Kenapa? Di internet ada banyak sekali website. Tapi, tidak semua pemilik website menulis sendiri artikel-artikel yang ada di website mereka. Karena mereka ingin fokus pada marketing atau teknis website mereka, para pemilik website ini memilih untuk memesan artikel kepada para penulis artikel.

Jika anda memang gemar menulis, menjadi penulis artikel mungkin dapat anda lakukan dengan relatif mudah. Seperti yang orang sering bilang, jika kita mencintai pekerjaan kita, kita tidak akan merasa berat menjalaninya. Supaya mudah dimengerti, penjelasan mengenai menulis artikel untuk mendapatkan uang secara online saya buat dalam bentuk questions and answers berikut ini:

 

Q : Di mana saya bisa menjual jasa saya sebagai penulis artikel?

A : Untuk saat ini, jika anda ingin menjual jasa sebagai penulis artikel, tempat terbaik adalah forum www.ads.id. Tapi, jangan terburu-buru, mendaftar sebagai member dan langsung mulai jualan ya 🙂 Ada baiknya anda baca-baca dulu thread-thread yang ada di sana. Ilmu yang bisa anda dapatkan dari forum tersebut sangat banyak.

 

Q : Artikel yang harus ditulis Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris?

A : Tergantung apa yang anda tawarkan, dan apa yang diminta oleh client. Jika anda memang mempunyai kemampuan berbahasa Inggris yang baik, anda bisa menawarkan jasa penulisan artikel English. Tapi jika anda hanya mampu membuat artikel Bahasa Indonesia, ya tidak masalah karena yang membutuhkan juga banyak.

 

Q : Berapa tarif standar penulis artikel?

A : Tarif penulis artikel bervariasi, jadi terserah anda. Ada yang memasang tarif murah, contohnya Rp. 7.500 untuk artikel dengan panjang 300 kata Bahasa Indonesia. Tapi, ada juga yang lebih mahal dari itu, yaitu sekitar Rp. 12.000 untuk 300 kata. Tentunya semua itu bergantung pada kualitas juga. Untuk artikel Bahasa Inggris tarifnya lebih mahal dari artikel Bahasa Indonesia. Saat ini rata-rata sekitar Rp. 14.000 untuk artikel English sepanjang 300 kata.

 

Q : Berapa banyak uang yang bisa saya dapatkan dari menulis artikel?

A : Tergantung panjang artikel yang anda buat, berapa tarif menulis yang anda pasang, dan berapa artikel yang mampu anda buat dalam sehari. Tentunya banyaknya order juga berpengaruh 🙂 kalau pas sepi ya sedikit atau mungkin bahkan tidak ada. Sebagai ilustrasi saja, kalau saya dulu (tahun 2012) pasang tarif Rp. 9000 untuk artikel sepanjang 300 kata (Bahasa Indonesia), dan dalam sehari saya memenuhi order sebanyak 7 artikel. Jadi saya dulu dapat Rp. 63.000 per hari, atau sekitar Rp. 1,8 jt per bulan. Setiap hari waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan order sekitar 3 jam saja. Lumayan kan?

 

Q : Artikel mengenai apa saja yang harus saya buat?

A : Ya tergantung dari permintaan pembeli. Jadi jangan dibayangkan bahwa anda hanya akan menulis artikel sesuai dengan minat anda. Anda akan sering menemui order dengan topik yang sama sekali tidak anda pahami. Di situ lah tantangannya.

 

Q : Apa saja kriteria artikel yang memenuhi syarat standar?

A : Biasanya artikel ya harus unique. Maksudnya, anda harus benar-benar menulis artikel tersebut dari nol (bukan copy paste), dan nanti di cek menggunakan tools untuk memastikan bahwa tidak ada duplicate content (tidak ada konten di website-website lain dengan susunan kata yang mirip atau sama persis). Ini karena konon Google lebih mengutamakan content yang unique. Saya bilang konon, karena jujur saja saya sering menemukan website dengan content yang tidak unique, tapi mendapatkan posisi yang bagus di SERP.

 

Q : Kapan dan bagaimana saya dibayar oleh pembeli?

A : Ya tergantung kesepakatan antara anda dan pembeli. Biasanya sih lewat transfer bank, atau lewat Paypal.