subscribe: Posts | Comments

Membuat Blog Dengan Domain Sendiri

Comments Off on Membuat Blog Dengan Domain Sendiri

Membuat Blog Dengan Domain SendiriKalau anda ingin terlihat lebih “profesional,” sebaiknya anda tidak menggunakan blog gratisan seperti Blogger atau WordPress. Anda harus memakai domain sendiri. Banyak orang yang mengira membuat blog dengan domain sendiri semacam ini membutuhkan banyak biaya. Padahal, sebenarnya tidak. Pendaftaran domain tidak mahal, sekitar 100-180 ribu rupiah saja. Dan hosting juga tidak mahal, sekitar 65-130 ribu rupiah saja per tahun, tergantung spesifikasi hosting seperti apa yang anda beli. Untuk hosting blog yang sederhana, hosting yang murah, seharga sekitar 65 ribu per tahun saja sudah cukup. Sangat murah bukan? Jadi secara keseluruhan, biaya yang dibutuhkan untuk memiliki sebuah blog dengan domain dan hosting sendiri hanya sekitar 165-310 ribu rupiah saja. Ini tentu saja sangat murah, mengingat potensi dari sebuah blog, yang bila dikelola dengan tepat, bisa menghasilkan jutaan rupiah per bulan.

Memilih Domain

Tentu saja langkah pertama adalah memilih domain yang akan anda gunakan untuk blog anda. Anda bisa menggunakan ekstensi .com, .net, .org, .info, atau yang lainnya. Anda juga bisa menggunakan ekstensi Indonesia seperti .id, .co.id, .web.id, .my.id, atau yang lainnya. Dari segi SEO, menurut saya tidak ada keistimewaan tersendiri dari sebuah ekstensi domain. Jadi, yang menjadi pertimbangan adalah preference anda sendiri. Kalau dari segi harga, memang berbeda-beda. Domain .id, biaya registrasinya berubah-ubah karena sangat sering ada promo. Tapi, biaya renewalnya mahal. Sedangkan ekstensi seperti .com, .net, .org, dan .info biaya registrasi dan perpanjangannya relatif sama setiap tahunnya. Jika anda ingin mendaftarkan domain .com yang registrasi dan perpanjangannya paling murah, anda bisa coba Namesilo.com.

Setelah menentukan ekstensi mana yang akan anda gunakan, selanjutnya anda harus menentukan keyword apa yang akan anda gunakan sebagai domain anda. Dulu, memiliki domain dengan keyword yang mempunyai exact search tinggi adalah nilai plus. Tapi sekarang, sudah tidak lagi. Bahkan, menurut pengamatan saya, justru domain-domain yang menggunakan keyword dengan exact search tinggi sekarang lebih sulit untuk mendapatkan ranking yang baik. Contohnya, kata kunci “kata bijak” mempunyai 201,000 searches setiap bulannya. Dulu, jika anda menggunakan domain-domain seperti katabijak.com, katabijak.net, katabijak.org, atau ekstensi lainnya, anda dapat dengan mudah mendapatkan posisi yang bagus di SERP. Tapi sekarang sudah tidak lagi. Jadi, saran saya, pakailah keyword yang ada hubungannya dengan niche blog yang akan anda buat, tapi jangan exact match (persis keyword yang menjadi target itu). Contohnya, jika anda ingin membuat blog tips kesehatan, jangan pakai domain blogtipskesehatan.ekstensi, tapi pakailah yang cenderung brandable tapi berkeyword, mungkin ayosehat.ektensi, sehatonline.ektensi, atau yang lainnya.

Karena banyaknya orang yang membuat website, atau yang berjualan domain, sekarang mencari domain yang bagus sangat susah. Jika anda menggunakan domain seperti .co.id, anda masih bisa mendapatkan domain yang bagus dan pendek seperti http://www.yes.co.id/. Tapi kalau anda menggunakan .com, .net, atau .org, anda pasti harus menggunakan domain yang cukup panjang karena semua yang pendek dan bagus sudah dimiliki oleh orang lain. Apakah semua domain itu menjadi website? Tidak juga. Banyak orang yang mempunyai ribuan domain, dan tidak ada yang dibuat menjadi website. Domain-domain tersebut diperdagangkan. Dan bagi mereka yang lihai, bisnis tersebut memang sangat menguntungkan.

Untuk mencari domain bagus yang masih available, dan untuk kemudian melakukan registrasi, anda bisa mengunjungi website-website seperti Namesilo.com, Name.com, Dynadot.com, kemudian menggunakan fitur search domain yang ada di sana. Jika anda ingin register domain Indonesia, anda bisa ke rumahweb, shehoster, atau yang lainnya. Registar luar negeri biasanya menerima pembayaran dengan PayPal atau kartu kredit. Sedangkan jika anda menggunakan registrar lokal anda bisa membayar dengan transfer bank lokal.

Comments are closed.