subscribe: Posts | Comments

Blog Gratisan

2 comments

Jika anda mau, anda bisa saja mendapatkan uang secara online dari blog gratisan. Tapi, biasanya menggunakan blog gratisan membutuhkan perjuangan yang ekstra. Dua jenis blog gratisan yang paling populer adalah Blogger (Blogspot) dan WordPress.com. Jika anda menggunakan blog gratisan atau yang sering disebut Web 2.0, anda tidak akan mempunyai domain sendiri, melainkan hanya sub-domain saja. Contohnya, jika anda menggunakan WordPress.com, anda akan mempunyai alamat situs seperti namabloganda.wordpress.com. Sebenarnya secara teknis hal ini tidak terlalu masalah. Tapi, anda bisa lihat sendiri bahwa nama situs seperti namabloganda.wordpress.com terlihat kurang profesional. Selain itu, karena merupakan sub-domain dari platform Web 2.0 yang sangat populer, URL yang masih bisa anda daftarkan/gunakan akan relatif panjang dan sulit untuk diingat.

Saya akui ada beberapa keunggulan dari blog gratisan seperti Blogger dan WordPress.com. Contohnya, jika anda menggunakan WordPress.com, anda mungkin akan sedikit terbantu untuk mendapatkan pengunjung. Ada beberapa halaman Tag dari WordPress.com yang mendapatkan posisi yang lumayan bagus di hasil pencarian Google. Halaman Tag memuat blog-blog yang memiliki Tag tersebut dalam postingannya. Contohnya, jika anda mencari kata kunci cerpen di Google.co.id, anda akan melihat halaman id.wordpress.com/tag/cerpen. Halaman tersebut berisi blog-blog yang menggunakan Tag cerpen dalam salah satu postingannya. Jika salah satu postingan di blog anda menggunakan Tag cerpen, ada kemungkinan halaman tersebut akan muncul di halaman Tag cerpen tersebut. Karena halaman tersebut memiliki banyak pengunjung, postingan anda tadi mungkin akan “kecipratan” sedikit pengunjung.

Seperti WordPress.com, jika anda menggunakan Blogger, anda juga bisa terbantu oleh kepopuleran platform tersebut, dan banyaknya pengguna platform tersebut. Tapi, saya ingatkan bahwa yang namanya “orang cuma numpang” bisa diusir sewaktu-waktu. Jika blog anda dianggap melanggar TOS, maka anda bisa saja kehilangan blog anda itu. Karena itu lah, kalau memang anda berencana membuat blog untuk jangka panjang, saya sarankan menggunakan domain sendiri, dan juga hosting sendiri. Mungkin sekilas terdengar lebih ribet, padahal sebenarnya relatif sederhana. Domain dan hosting tidak mahal (kecuali kalau anda salah memilih registrar dan web hosting).

  1. Kalau tempat buat register domain dan beli hosting yang murah tapi menerima pembayaran bank lokal di mana ya gan? Kok kayaknya yang murah dan bagus semuanya perusahaan luar, gak ada yang lokal.. Padahal kalau ada yang lokal pasti lebih praktis, karena tidak usah pakai PayPal atau kartu kredit. Trus kalau kita baca-baca review perusahaan hosting lokal, kok lumayan sering nemu komplain dari customer mereka. Dan perusahaan lokal justru cara iklannya bikin kita miris. Ada tuh perusahaan hosting yang dalam iklannya ngaku udah punya 70.000 klien! 😀 Agak-agak gimanaa gitu..

  2. Mau numpang share sedikit pengalaman tentang blog gratisan nih admin 😀 blog gratisan memang kesannya kurang “profesional,” apalagi kalau buat bisnis atau perusahaan kecil. Tapi entah kenapa, pengalaman pribadi nih, aku beberapa kali kalah posisi di SERP sama blog gratisan dari blogspot sama wordpress. Jadi mungkin ada untungnya juga tuh pakai subdomain blogspot atau wordpress, walaupun memang URL web nya jadi panjang hahaha.